Warung-Warung Kopi di Surabaya Keberatan dengan Revisi Perda KTR

Ketua Paguyuban Toko Surabaya, Sri Utari menyampaikan keberatannya akan pemberlakuan revisi Perda KTR di Surabaya. Hal ini didasari karena aturan ini akan mengancam keberlangsungan ekonomi dan juga industri yang berhubungan dengan produk hasil tembakau di Surabaya.

rokok dan kopi

Belum lagi masalah tumpeng tindihnya aturan perda KTR ini dengan aturan dari UU dan PP yang sudah lama berlaku. Yakni Undang Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

Revisi Perda KTR di Surabaya akan menimbulkan keresahan bagi para pedagang dan pengusaha, utamanya usaha rumah makan dan minuman seperti warung kopi (warkop) dan kafe.

bungkus rokok

Pemberlakuan perda KTR akan membuat para pengusaha warkop dan kafe membuat ruang non-rokok dan area khusus merokok. Padahal, tidak semua pengusaha warung makan dan warung kopi merupakan pengusaha dengan modal besar yang mampu menyediakan akses ruang merokok. Selain itu, ada faktor lain seperti ketidakmungkinan menyediakan ruang merokok karena terlalu sempitnya tempat. Tentu akan sangat menyusahkan bagi mereka.

Atas dasar-dasar inilah Ketua Paguyuban Toko Surabaya menyampaikan keberatan dan penolakan terhadap revisi Perda KTR di Surabaya. Ada sekitar 700 orang yang tergabung dalam Paguyuban Toko Surabaya ini. Semuanya adalah para pedagang rokok, pengusaha toko, pengusaha kafe, dan juga warung kopi.

rokok

Kalaupun akhirnya perda KTR ini diberlakukan, maka perlu adanya pembahasan lebih lanjut lagi. Pembahasannya tentu memerlukan pelibatan para pelaku industri dan pebisnis industri hasil tembakau di Surabaya ini.

Jangan sampai aturan yang ditetapkan dihasilkan tanpa adanya keterlibatan mereka. Jangan sampai pula penerapan Perda KTR ini mencederai banyak pihak, utamanya para pelaku industri hasil tembakau di Surabaya atau usaha yang berkaitan dengannya. Sebab industri inilah yang banyak menyumbang, dan membantu perekonomian di Surabaya.

About the author

admingr

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *