Tips Nikmat Melelet Rokok ala Lasem

Minum kopi di Lasem tak nikmat rasanya jika tidak sambil melelet rokok. Banyak warung kopi di Lasem yang memfasilitasi para peminum kopi untuk melelet rokoknya. Aktivitas ngopi dan merokok memang seakan tak terpisahkan ketika berada di Lasem.

rokok cethe

Melelet rokok atau yang biasa dikenal dengan nyethe rokok merupakan aktivitas membalurkan ampas kopi kental ke permukaan rokok. Seperti pelukis dengan kanvasnya, rokok di sini adalah kanvasnya. Ampas kopi yang digunakan untuk mencethe atau melelet rokok bukanlah ampas dari sembarang kopi. Di Lasem, kopi lelet yang digunakan adalah kopi yang telah mengalami dua kali penggilingan, sehingga bubuk kopi yang dihasilkan sangat halus sekali.

Kopi lelet di Lasem, juga banyak ditemui di daerah Jawa Timur lainnya, seperti Tulungagung, Kediri, Gresik dan Lamongan. Tekstur halus bubuk kopi menghasilkan ampas yang menyerupai cat air untuk menggambar.

rokok

Ada beberapa tips untuk melelet rokok yang banyak dilakukan para pelelet rokok di Lasem. Pertama-tama, habiskan dulu kopi hingga menyisakan ampas kental dengan sedikit air kopi. Lalu tuangkan ke dalam lepek atau wadah alas cangkir kopi.

Kedua, ambil tissue lalu taruh di atas ampas kopi di dalam lepek. Biarkan sejenak untuk mengurangi kadar air di ampas kopi.

Ketiga, ambil susu kental manis. Biasanya di Lasem, pemilik warung kopi menyediakan susu kental manis khusus untuk para pelelet rokok. Tuang sedikit susu ke dalam ampas kopi di lepek tersebut. Aduk rata hingga menghasilkan tekstur kental seperti layaknya cat air untuk menggambar.

Keempat, gunakan sendok, tusuk gigi, korek api kayu, atau kadang juga benang sebagai kuas untuk menggambar. Taruh dan susun rokok yang akan dilelet.

Kelima, gunakan imajinasimu untuk mulai menggambar di rokok tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk mengeringkan hasil gambarmu di rokok tersebut, agar ampas kopi mengering sehingga rokok bisa dibakar sempurna dan dinikmati.

cethe

Ampas kopi selain kopi Lasem, bisa digunakan untuk melelet. Asalkan bubuk kopi yang digunakan adalah bubuk kopi halus, dan bukan kopi instan. Kopi instan tak akan menghasilkan ampas, karena seluruh kopi akan larut sempurna.

Selamat berkreasi dan mencoba.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *