Tips Menghilangkan Bau Rokok Di Kabin Mobil

Bagi banyak pemilik mobil, kenyamanan berkendara dan juga suasana di dalam mobil menjadi perhatian khusus. Mobil yang berbau tak sedap akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi penumpang, apalagi jika mobil digunakan untuk menarik penumpang melalui aplikasi angkutan online seperti Gocar atau Grab. Akan banyak pengguna aplikasi tersebut complain. 

Bau tak sedap di dalam mobil, bisa disebabkan oleh banyak hal. Keringat yang menempel di jok mobil atau Sampah-sampah sisa makanan dan minuman yang tak dibersihkan. Nah, salah satu bau yang seringkali membuat banyak orang mengeluh adalah bau rokok, utamanya di mobil yang dimiliki oleh perokok atau punya kawan-kawan perokok. Sirkulasi udara yang relatif kecil menyebabkan bau rokok mudah dirasakan seluruh penumpang dalam mobil.

bungkus rokok

Ada banyak cara untuk menanggulangi bau rokok dan bau tak sedap lainnya di dalam mobil tersebut. 

Pertama-tama, Anda harus membuang semua sampah di dalam mobil termasuk di jok dan karpet menggunakan vacuum cleaner sampai tak tersisa. Kalaupun tak punya vacuum cleaner, Anda bisa menggunakan cara manual. Kemudian, lap juga interior dengan cairan pembersih. Kemudian untuk menghilangkan bau rokok pada jok atau karpet, gunakan penghilang bau berbahan enzim. Bahan ini cukup efektif menghilangkan bau tak sedap. Biasanya jenis ini harga cukup mahal, tetapi ampuh menghilangkan bau asap rokok.

rokok

Langkah kedua, adalah menghilangkan bau di bagian sistem sirkulasi udara, dengan menggunakan penetral bau atau pengharum ruangan. Parkirkan mobil di tempat terbuka lalu nyalakan mobil dengan keadaan pintu terbuka semuanya. Tunggu beberapa menit, agar bau rokok keluar dari dalam kabin. Pewangi atau pengharum mobil bisa Anda dapatkan di toko-toko ritel terdekat, dengan banyak variasi harga.

Ada pula langkah murah bagi Anda jika ingin mengirit pengeluaran, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ini adalah cara yang cukup mudah, karena bahan-bahannya bisa didapatkan di dapur. Anda bisa menggunakan bubuk kopi, vanilla, atau kayu manis yang digantungkan di kabin mobil atau cukup diletakkan di dalam kabin mobil dengan wadah terbuka.

rokok

Nantinya bubuk dari bahan-bahan alami tersebut akan menyerap bau rokok dan menyebarkan aroma yang khas dan lebih segar. Akan tetapi jangan menggunakannya saat mobil sedang berjalan. Baiknya digunakan saat mobil sedang tidak dipakai agar bubuk tidak menyebar dan mengotori kabin mobil.

Jika ingin tak berhamburan, bubuk bahan alami tersebut Anda masukkan dalam kain berongga dan digantungkan di saluran sirkulasi udara dalam mobil anda. Buat seperti kemasan teh celup, agar aroma dari bahan alami tersebut dapat keluar sempurna. Silakan mencobanya.

About the author

admingr

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *