Temanggung daerah Sentra Tembakau dengan Pembangungan Kesehatan Terbaik di Jawa Tengah

Kabupaten Temanggung mencatatkan diri sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan terbaik di Jawa Tengah. Indikator yang digunakan untuk melihat ini adalah rendahnya angka kematian ibu melahirkan. Sepanjang tahun 2015, hanya terdapat ada 3 orang yang meninggal dalam proses melahirkan.

tembakau

Di Jawa Tengah pada tahun 2015 tercatat angka kematian ibu melahirkan hampir sama dengan tahun lalu. Pada tahun lalu angka kematian ibu melahirkan mencapai angka 700 kasus, tepatnya 711 kasus kematian ibu melahirkan.

tembakau

Data tersebut selain menunjukkan bahwa infrastruktur dan sistem informasi kesehatan di Temanggung berjalan dengan baik. Di samping itu, data tersebut juga menepis anggapan miring sebagai daerah penghasil tembakau yang memiliki kesadaran kesehatan rendah. Terlebih ‘paparan’ tembakau merupakan bagian dari keseharian masyarakat.

tembakau

Di satu sisi mata rantai perkebunan tembakau yang mencapai pelosok daerah hingga lereng gunung sumbing termasuk Temanggung, membuat kesejahteraan menyebar. Dengan tingkat pendapatan yang tinggi hingga pelosok itu membuat masyarakat di Temanggung memiliki kesadaran akan kesehatan yang tinggi dan akses untuk menjangkau kesehatan juga lebih baik.

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *