Soal Tarif Cukai Rokok Pemerintah Mesti Belajar dari China

Peningkatan cukai yang tinggi setiap tahunya, bahkan untuk tahun depan akan ditingkatkan sebesar 23 persen, akan membuka peluang bagi peredaran rokok ilegal di pasar. Keberadaan rokok ilegal ini akan mengakibatkan kerugian negara.

Terlebih dari segi bahan baku untuk membuat rokok relatif mudah didapat. Serta pembuatan rokok bisa dilakukan secara mudah, termasuk bisa dijalankan sebagai usaha rumahan.

cukai rokok

Kejadian di Hongkong yang terjadi pada Jumat 18 September 2015, bisa menjadi pelajaran bagi pemerintah Indonesia sebelum meningkatkan target penerimaan cukai tahun depan. Senilai 9,4 miliar rokok ilegal diamankan oleh petugas Bea Cukai Hong Kong. Rokok illegal yang dikemas dalam sebuah sofa besar tersebut rencananya akan diselundupkan ke China.

rokok

“Kami telah mengumumkan bahwa kam berhasil menghentikan sebuah truk container yang mengangkut beberapa sofa besar. Setelah dibongkar, ternyata di dalam sofa itu berisi 1,9 juta pack rokok yang sudah dikirim ke China,” demikian pernytaan Bea Cukai Hongkong seperti dilansir Shanghaiist, Jumat (18/9/2015).

Penyulundupan rokok ini terjadi setelah pemerintah China menerapkan kenaikan cukai rokok sejak tahun lalu.

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *