Suka Duka Sales Rokok di Bulan Ramadan

Sales rokok merupakan pekerjaan yang timbul dari mata rantai panjang Industri Hasil Tembakau (IHT). Keberadaan sales rokok dibutuhkan di bagian hilir industri ini, pekerjaannya terutama menyalurkan rokok ke toko-toko di daerah.

bungkus rokok dan rokok

Pekerjaan ini tak mudah atau bisa dibilang berat, apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang. Selain harus melawan haus dan dahaga, padatnya jadwal dan beban kerja yang harus diselesaikan, jelas persoalan yang berbeda. Keduanya tetap harus dijalankan sesuai rencana. Barangkali karena itu, sales rokok acapkali menjadi tempat dimana pemasar-pemasar tangguh dilahirkan.

iklan rokok

sales rokok

Dinyatakan oleh Apung, sales rokok merek ClassMild untuk daerah Padangpariaman, meski begitu yang terpenting bagaimana menjalani pekerjaan dengan penuh semangat sehingga pekerjaan apapun yang dijalankan tetap terasa menyenangkan.

Tugas hariannya ialah mengantar rokok sampai ke pedagang toko-toko besar atau toko grosir lainnya. Jumlah toko yang perlu dikunjungi sekitar 9 buah toko per harinya.

rokok

Menjalankan pekerjaan ini di daerah membuat kewaspadaan tetap terjaga karena selain jalan yang rusak, persoalan lain yang menghadap sales rokok kerap menjadi target tindak kejahatan.

Karena itu, setiap kali berangkat Apung dan teman-temannya selalu mengupayakan beriringan. “Minimal dua buah kendaraan yang berangkat bersama,” katanya.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *