Sejarah Rokok Klobot

Klobot aslinya merupakan nama kulit jagung yang sudah dikeringkan. Rokok klobot adalah rokok yang dibungkus dengan klobot.

Rokok klobot ini banyak dikonsumsi di kalangan nelayan dan orang-orang di daerah pegunungan. Para nelayan menyukai rokok ini karena rokok klobot tidak gampang mati meskipun terkena air laut.

Sementara orang-orang didaerah pegunungan menyukai rokok ini karena asapnya lebih banyak, hisapannya lebih berat, dan bisa menghangatkan badan, sehingga cocok dikonsumsi di daerah dingin.

Dalam sejarahnya, sebagian orang meyakini bahwa keberadaan Rokok Klobot sudah dimulai sejak era Rara Mendut. Dalam kisahnya, Rara Mendut merupakan seorang putri dari Pati yang dijadikan istri oleh Tumenggung Wiroguno –salah seorang panglima perang kepercayaan Sultan Agung.

Namun, Rara Mendut menolak dijadikan istre Tumenggung Wiroguno. Walhasil, ia pun dihukum membayar pajak yang luar biasa tingginya. Untuk melunasi pajak, Rara Mendut berdagang tembakau sompok dari Imogiri, daun klobot, serta bumbu-bumbu.

 

Sejarah Rokok
Sejarah Rokok15

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *