Rokok dan Demo Perjuangan Warga Suku Sakai di Riau

Sekitar seratus warga Suku Sakai, Kandis, Kabupaten Siak, Riau rela berjalan 120 kilometer dan mendatangi kantor Gubenur Riau, Rabu (15 Maret 2017). Kedatangan mereka ke kantor Gubenur tersebut demi menyampaikan tuntutan dikembalikannya hak tanah ulayat masyarakat Suku Sakai yang dikuasai PT Ivo Mas Tunggal (IMT).

suku sakai

Dalam aksi yang berlangsung selama enam jam tersebut, masyarakat Suku Sakai hadir dengan membawa berbagai tradisi mereka. Dari mengonsumsi ngalo (sejenis makanan dari ubi yang dikeringkan), menghisap rokok yang dibalut dengan daun nipah, dan berbagai perlengkapan sehari-hari tempat air minum dari labu, lukah (perengkap ikan), keranjang sampai rompi dari kulit kayu pudu.

rokok

Kehadiran masyarakat Suku Sakai bersama pernak-pernik kebudayaan seperti mengambarkan bahwa kedatangan PT Ivo Mas Tunggal tak hanya membuat mereka kehilangan tanah, tapi juga membuat Suku Sakai kehilangan kebudayaan mereka.

rokok

“Kami dijanjikan rumah dan tanah satu pancang (kurang lebih dua hektar). Tapi tanah itu tidak pernah ada. Kami harap semua itu dikembalikan kepada kami,” kata Ganding, lelaki 60 tahun warga Suku Sakai, menyampaikan tuntutanya.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *