Rokok Cerutu dan Gaya Hidup Urban

Jika kita bertanya apakah persamaan Winston Churchill, Fidel Castro, Che Guevara, dan Soeharto, barangkali secara serempak orang akan menjawab bahwa semuanya adalah politikus. Sedangkan jika pertanyaan itu dilontarkan kepada Demi Morre dan Claudia Schiffer, maka jawabannya adalah mereka adalah para bintang di dunia entertainment.

cerutu

Tapi, jika pertanyaan itu dilontarkan kepada penggemar cerutu, maka jawaban akan sama sekali berbeda. Semua nama yang disebut di atas adalah bagian dari para penikmat cerutu.

Menurut Bharoto Anindito, benda serupa rokok tetapi dengan postur yang lebih besar ini memang acapkali melambangkan kasta penikmatnya. Cerutu menurutnya adalah manifestasi kesuksesan, kemaskulinan dan gaya hidup urban kelas menengah ke atas. Tidak salah memang mengingat harga cerutu yang tidak bisa dibilang murah dan tidak bisa dibeli di sembarang tempat.

cerutu

Proses pembuatannya juga tidak masal seperti rokok. Katanya tembakau terbaik yang menjadi bahan cerutu berasal dari Kuba, Dominika, Brazil, Meksiko, Jamaika, Honduras, Kep. Canary, dan Indonesia (Jember).

tembakau

Itulah yang membuat para penikmat cerutu merupakan golongan ekslusif dan menjadi simbol kesuksesan.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *