Produksi Rokok Turun, Harga Cengkeh Terjun Bebas

Penurunan produksi rokok mengakibatkan efek berantai termasuk terhadap menurunnya harga cengkeh yang mencapai harga Rp90 ribu per kilogram. Idealnya harga cengkeh berkisar di harga Rp120 ribu per kilogram.

petani cengkeh

rokok

rokok

Penurunan yang diakibatkan oleh meningkatnya tarif cukai dan PPN tersebut telah dirasakan pada 2016 lalu dan diperkirakan akan tetap terjadi di 2017. Perkiraannya, penurunan produksi rokok akan menurun sejumlah 6 miliar batang.

I Ketut Budiman, Sekjen Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia mengatakan industri cengkeh masih bergantung pada industri rokok, khususnya rokok kretek. Alhasil, ketika terjadi guncangan pada industri kretek maka berdampak pada harga jual cengkeh.

Meskipun harga jual yang rendah, Ketut menyampaikan bahwa produksi cengkeh nasional di tahun ini akan tetap stabil di kisaran 110.000 ton. “Dampak cuaca ekstrem tak berpengaruh signifikan bagi komoditas ini. Kalaupun ada penurunan jumlahnya sangat sedikit,” katanya kepada Kontan (16/2/2017).

Wilayah Indonesia Timur seperti Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara masih menjadi ujung tombak bagi produksi cengkeh nasional.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *