Produksi Rokok 2016 Diprediksi Susut 5-6 Persen

Gambar Rokok Industri rokok tahun ini mencatatkan penjualan yang muram dibandingkan tahun lalu. Sepanjang Januari-November 2015 total produksi rokok hanya sebesar 300 miliar batang. Angka ini menyustu 3,49% jika dibandingkan dengan realisasi produksi rokok pada periode yang sama tahun lalu sebesar 311 miliar batang.

gambar rokok

Data tersebut berdasarkan catatan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) dari pemesanan pita cukai oleh pabrik rokok kepada Direktoral Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan. “Ada tren penurunan produksi rokok dalam dua tahun terakhir,” kata Sekretaris Jenderal Gappri, Hasan Aoni Aziz, Rabu (29/12) kepada KONTAN.

bungkus rokok

Tren ini terlihat dari penurunan produksi dari 2013-2014 yang mengalami penurunan sekitar 1%. Saat tarif cukai rokok terus naik, tingkat produksi yang sejalan penjualan, terus turun.

Salah satu penyebab terbesar berkurangnya produksi tak lain karena tarif cukai tahun depan rata-rata naik 17,3%. Sementara target penerimaan negara dari cukai rokok mengalami kenaikan sekitar 15%. “Yang terkena dampak penurunan paling besar adalah rokok sigaret kretek tangan (SKT),” terang Hasan.

gambar rokok

Sementara secara umum produksi rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) tetap tumbuh. Nah pertumbuhan SKM inilah yang membuat minat investasi produksi rokok masih menarik pada dua tahun mendatang.

Sumber: http://industri.kontan.co.id/news/produksi-rokok-2016-diprediksi-susut-5-6

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *