Polemik Bungkus Rokok Radja Nainggolan

Harian kiri Italia, Repubblica, berhasil memiliki video yang merekam kamar hotel salah satu pemain Setan Merah Belgia, 20 Juni lalu. Dalam video itu, Radja Nainggolan menunjukkan bungkus rokok netral. Netral maksudnya, bungkus rokok tersebut tanpa merek sebagaimana kebijakan di Perancis.

Bungkus Rokok

Dalam rekaman video itu, terekam di antaranya Dries Mertens, Kevin De Bruyne, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Radja Nainggolan, dan Simon Mignolet yang sedang bercukur.

Di dalam rekaman, sebagian skuad Setan Merah bersikap santai setelah menyaksikan Slowakia-Inggris (0-0). Radja Nainggolan yang juga bersikap santai sempat pula memperlihatkan sebungkus rokok sambil tersenyum kepada orang yang memegang smartphone, yang merekam suasana kamar.

Rokok

Namun, video yang semestinya biasa saja itu mendapatkan reaktif negatif bagi para antirokok. Padahal dalam kebijakan skuad Setan Merah tidak ada larangan merokok.

Marc Wilmots memberi keterangan bahwa yang melambai-lambaikan tangan bungkus rokok itu adalah Radja Nainggolan. Dan pelatih Belgia tersebut tidak menentangnya.

Bungkus Rokok

“Ya, Radja memang merokok. Dan itu biasa saja. Karena di klub-klub Perancis dan Italia itu biasa. Atau di mana pun. Jika dia membutuhkan rokok saya tidak melarangnya. Saya luwes saja. Itu tubuh milik dia, dan ketia dia main bagus di lapangan itu tidak masalah buat saya. Jika saya melarang Radja Merokok, aku rasa dia akan menghancurkan kamarnya. Untuk itulah saya selalu menawarkan kamar dengan balkon. Dan menurut saya, cuma dia yang merokok di timnas Setan Merah,” jelas Wilmots.

Foto ilustrasi oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *