Penyebab Utama Kanker bukan Rokok, Melainkan Obesitas

Selama ini, banyak orang yang menganggap rokok sebagai penyebab yang utama dan satu-satunya kanker. Peringatan yang tertulis pada bungkus rokok semakin menegaskan anggapan tersebut.

Namun, tak banyak yang tahu jika ternyata penyebab utama kanker ternyata bukan rokok, melainkan obesitas. Berdasarkan hasil penelitian Cancer Research di Inggris. Dalam laporannya disebutkan bahwa obesitas merupakan salah satu penyebab utama kanker, utamanya pada wanita.

rokok

Obesitas menyimpan banyak potensi penyakit, khususnya untuk para wanita. Cancer Research Inggris merilis kampanye di seluruh Inggris untuk meningkatkan kesadaran hubungan antara obesitas dan kanker. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena 13 tipe kanker yang berbeda termasuk kanker payudara, usus dan ginjal.

“Obesitas adalah ancaman kesehatan publik saat ini dan akan lebih buruk jika tidak ada yang dilakukan,” kata ahli pencegahan Cancer Research Inggris, Linda Bauld, dilansir laman The Guardian, Senin 24 September 2018.

rokok

Salah satu penyebab utama tingkat obesitas adalah konsumsi makanan-makanan Junk Food yang sangat murah di sana. Juga gaya hidup yang tak sehat, kurang olahraga. Jika tak ada tindakan yang dilakukan secara serius, maka Obesitas menjadi ancaman serius para wanita.

rokok

Laporan hasil penelitian ini adalah kabar baik sekaligus buruk bagi dunia. Baik karena stigma rokok adalah biang penyakit khususnya kanker adalah tak terbukti. Buruk karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan dan menyebabkan kegemukan (obesitas) menyebabkan banyak penyakit.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *