Pemblokiran Iklan Rokok di Internet Mengancam Kebebasan Berekspresi

thumbnail

Surat Edaran Nomor TM.04.01/Menkes/314/2019 tentang Pemlokoran Iklan Rokok di Internet yang ditandatangani Menteri Kesehatan (Menkes) yang diteken oleh Nila Farid Moeloek pada 10 Juni 2019 mengancam kebebasan berekspresi.

Meski pada aplikasinya, telah ada tiga situs yang bermuatan unsur rokok seperti rokokherbal.org, rokokherbal.biz, dan herbalrokok.blogspot.com telah dimatikan oleh pemerintah.Bungkus Rokok 2

Namun, surat edaran tersebut juga menyasar ke akun pribadi yang sering menyebarkan informasi, gambar, dan tautan tentang rokok. Padahal, dalam praktiknya, akun pribadi yang menyebarkan informasi tersebut merupakan kebutuhan pribadi tanpa unsur komersil.

Tentu saja, surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan tersebut bukan saja melanggar peraturan perundangan, sebab terkait pendistribusian informasi terkait iklan rokok telah diatur dalam UU Penyiaran. Namun juga membahayakan bagi iklim kebebasan berekspresi di tanah air.Bungkus Rokok 3

Campuran daun tembakau dan leptotaenia multifida digunakan untuk membantu mengobati flu dan batuk. Selain itu, campuran ini ditambah akar balsam india juga dipercaya menyembuhkan penyakit asma dan TBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top