cukai

Minggu Depan Rokok Naik, Beberapa Hal Ini Bisa untuk Menyiasatinya!

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai memastikan bahwa pihaknya akan memberlakukan kenaikan cukai tembakau yang otomatis akan berimbas pada naiknya harga rokok.

Kenaikan cukai tembakau ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT). Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi, kenaikan cukai tembakau merupakan hal yang lumrah dilakukan.

Memang dari tahun ke tahun cukai selalu mengalami kenaikan, tercatat hanya tahun 2019 cukai tidak naik karena disinyalir ada kepentingan pemenangan di situ. Bagi Heru kenaikan itu lumrah, iya lumrah, tapi kalau naiknya hingga 23% tentu saja menjadi tidak lumrah. Efek panjang yang dihasilkan dari kebijakan ini akan terasa, mungkin, empat atau lima tahun ke depan.

Tak peduli bagi para perokok yang punya gaji besar atau tidak, kenaikan cukai rokok akan berdampak serius pada petani tembakau, cengkeh dan buruh pabrik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan kretekus untuk tetap bekerjsama baik dengan para petani dan buruh pabrik:

Tingwe (ngelinting dewe)

Tingwe aliasa ngelinting dewe adalah satu aktivitas pra-merokok yang sejak dulu sudah dilakukan nenek moyang. Selain menyehatkan pergelangan tangan, menambah kretativitas dan lebih murah, tingwe ini bermanfaat bagi para petani tembakau dan cengkeh. Kenapa?

Mata rantai penjualan tembakau semakin pendek. Malah sangat pendek. Konsumen langsung dapat membeli ke petani tembakau dan cengkeh, yang tentu saja hal ini menjadi manfaat besar bagi para petani.

Patungan

Patungan membeli rokok menjadi hal yang bisa dilakukan para perokok. Yang biasanya sebungkus enteng dibeli sendiri, kini sebungkus bisa dibeli berdua. Aktivitas patungan ini juga dapat merekatkan persahabatan antar sesama. Ingat budaya bangsa Indonesia, gotong royong.

Minta Rokok Teman

Khusus yang satu ini membutuhkan mental yang kuat. Datang saja ke tongkrongan, letakkan korek di atas meja. Sabarlah menunggu sampai teman mengeluarkan rokoknya. Pasang wajah melas, niscaya jika temanmu baik akan menawarkan rokok tersebut.

Datang ke Tahlilan

Ini juga bisa menjadi opsi yang tepat. Di kampung-kampung, tiap kali tahlilan biasanya empu rumah menyediakan rokok di dalam gelas. Biasanya juga, rokok-rokok tersebut tidak habis, maka siap-siap masukkan ke dalam kantong pribadi.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati kenaikan harga rokok. Semoga bermanfaat.

About the author

admingr

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *