Menyelam Sembari Merokok, Adalah Jalan Ninja Perempuan di Sentani

Ada yang bilang, orang Indonesia “jadugnya” (saktinya) melebihi rata-rata manusia di dunia. Di bumi cendrawasih misalnya, ada kebiasaan unik yang mungkin hanya akan ditemui di tanah Indonesia.

Ibu-ibu di sana punya kebiasaan unik sebelum dan saat menangkap ikan. Ya, menyelam sambil merokok. Bagaimana bisa menyelam sambil merokok? Tentu saja banyak orang bertanya, bagaimana caranya sebatang rokok dapat tetap menyala setelah terendam di dalam air.

Jadi caranya, sebelum menyelam, rokok dibalik ke arah dalam. Jadi, yang dibaranya di dalam mulut. Kemudian ibu-ibu itu menyelam sembari mencari ikan.

Yang bikin pusing lagi, warga di sana menganggap hal itu sangat biasa dan tidak berbahaya. Ini adalah hal langka, hingga Bupati Jayapura kala itu mengapresiasi hal menarik tersebut dengan menyelenggarakan Festival Danau sentani.

Kegiatan ibu-ibu tersebut sebenarnya membantah bermacam hal, mulai dari perokok yang katanya bernafas pendek hingga rokok itu membunuh. Hanya orang yang tidak dapat memanfaatkan rokok yang berkata seperti itu. Rokok itu seperti pisau, digunakan untuk apa, tergantu siapa yang memegang.

Jadi, adakah rencana berlatih menyelam sembari merokok?

About the author

admingr

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *