Mengulik Sejarah Rokok Bentoel dari Museum Bentoel

Salah satu tempat terbaik untuk belajar tentang sejarah dan budaya tentu saja adalah museum. Banyak tokoh-tokoh besar dibuatkan museum khusus sebagai pengingat untuk generasi muda dan anak cucu kita nantinya. Ada tokoh sejarah, pejuang, ulama, sampai pebisnis sukses.

Nah, di Malang, salah satu museum yang layak dan pantas untuk dikunjungi adalah Museum Bentoel. Museum ini sudah dibuka sejak tahun 1994.

museum bentoel museum bentoel

Museum Bentoel dibuka sebagai wujud penghargaan kepada Ong Hok Liong. Beliau adalah sosok penting dibalik Industri Rokok Bentoel. Salah satu hal yang sering diucapkannya dan menjadi pengingat penting adalah “Jadi orang harus mau melarat dulu, jangan lantas mau kaya saja.” Terbukti, selama hidupnya beliau membuat banyak kemajuan dan turut membangun kotanya.

Ong Hok Liong adalah sosok yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan hidupnya. Ia lahir dan besar di Bojonegoro, 12 Agustus 1893. Ia kemudian pindah ke Malang untuk memperbaiki kondisi hidup dan perekonomiannya.

ong hok liong

Awal di Malang ia berjualan kelontong, sembako dan bahan kebutuhan lain ke masyarakat sekitar rumahnya. Perlahan-lahan ia kemudian membangun usahanya sendiri.

Beliau sempat melakukan perjalanan ke berbagai kota untuk menimba ilmu. Akhirnya ia meramu tembakau dan cengkeh dengan banyak nama produk. Rokok racikannya tersebut ia jual sendiri. Perlahan tapi pasti racikan rokok tersebut punya cita rasa tersendiri dan kemudian ia beri nama merek Bentoel.

rokok bentoel

Museum Bentoel merangkum kisah kerja keras Ong Hok Liong dari nol sampai ia mampu membuat Industri Bentoel berdiri kokoh dan dikenal luas.

Di dalam Museum terdapat banyak deretan rokok yang pernah diproduksi PT. Bentoel. Ada pula ruangan yang menampilkan perjalanan PT. Bentoel dari awal berdiri.

bungkus rokok

Museum Bentoel berada di Jalan Wiromargo No. 32 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Foto: Photomalang.com, Merdeka.com

About the author

admingr

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *