Cara Menegur Orang Merokok di Angkutan Umum

Di dalam angkutan umum, meskipun telah ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok, namun tetap saja ada perokok bandel yang mencuri kesempatan untuk merokok. Nah, Bila kalian mendapati hal ini, entah kalian merokok atau tidak, sebaiknya kalian memberikan teguran kepada mereka. Terlebih bila kalian seorang perokok, maka memberikan teguran menjadi kewajibanmu. Karena tindakan satu dua orang akan membuat kesan umum terhadap para perokok menjadi buruk semua.

Berikut adalah cara-cara menegur orang yang merokok di angkutan umum:

1. Pura-Pura Batuk Biar Si Orang Merokok Merasa Bersalah

Pura-pura batuklah. Batuk di hadapan perokok merupakan tanda sederhana atas ketidaknyaman kalian. Batuk bisa dilakukan sekali ketika ada penumpang yang mengeluarkan bungkus rokok dan korek api. Batuk perlu ditingkatkan dua kali ketika kalian mendapati dia akan menyalakan rokok. Dan batuklah secara lebih keras ketika kalian mendapati ternyata perokok itu tidak peduli. Tindakan ini secara jitu akan membuatnya merasa tidak nyaman. Terlebih banyak perokok yang peka terhadap kondisi di sekitarnya.

rokok

2. Refleks Tiba-Tiba Pakai Masker

Tindakan ini hanya bisa kalian lakukan apabila kebetulan kalian membawa masker atau setidaknya saputangan sebagai penggantinya. Keluarkan masker dan pakai begitu ada penumpang di angkutan umum yang hendak menyalakan rokok.

orang merokok

3. Memberi Teguran

Teguran halus bisa disampaikan kepada perokok di angkutan umum. Dengan cara ini, kalian bisa menunjukkan etika merokok atau menunjukkan peraturan perundangan yang menyatakan angkutan umum adalah salah satu kawasan tanpa rokok.

rokok

4. Pura-Pura Sesak Napas

Cara ini bisa dilakukan apabila cara sebelumnya tidak berhasil. kalian pura-pura saja sesak napas, tetapi usahakan si perokok itu melihat kalian. Dengan begitu, dia akan dengan segera mematikan bara api di rokoknya.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *