Lucunya Reaksi Anak Muda Saat Mencoba Rokok Klobot

Di Indonesia ini, ada banyak produk warisan budaya bangsa yang mulai tidak diketahui oleh generasi-generasi. Karenanya, mengenalkan berbagai produk warisan budaya bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melestarikan budaya.

Apa yang dilakukan oleh Froyonion, sebuah akun youtube kolektif, merupakan salah satu contoh terkini dalam usaha mengenalkan produk warisan budaya pada generasi muda.

Froyonion, melalui salah satu video membuat sebuah social eksperimen mengenalkan rokok klobot kepada para perokok muda berusia di atas 20 tahun yang memang selama ini tak pernah akrab dan bahkan tahu dengan rokok klobot.

rokok klobot

Klobot merupakan bagian dari sejarah. Awal mula adanya rokok di Indonesia dimulai dari rokok klobot ini. Rokok yang mudah dikenali karena baunya yang khas ketika dibakar. Klobot juga mempertahankan kekhasannya dengan masih menggunakan kulit jagung sebagai pembungkus tembakaunya.

mencoba rokok klobot

Video yang berisi pengalaman pertama beberapa anak muda ini asyik dan segar untuk ditonton. Ada banyak hal yang dibicarakan di video tersebut. Rerata anak muda yang mencoba klobot pertama kalinya dalam video ini adalah perokok yang suka dengan rokok yang ada rasanya; seperti rokok menthol. Ada pula yang suka melinting tembakau sendiri untuk merokok.

Ada banyak komentar lucu atas eksperimen tersebut. Ada yang nyeletuk; oh, ini mah rokok sajen. Ada juga menyebutnya sebagai rokoknya mbah-mbah. Ada juga yang berkomentar “Ngerokok ini bisa buat manggil-manggil sesuatu gitu yak?”

Ketika disulut dan dinikmati untuk pertama kalinya, para pemuda-pemudi ini merasakan sensasi nyaman.

mencoba rokok klobot

“Enak euy, manis gitu rasanya,” kata salah satu tester. Ada juga yang nyeletuk, “Gak sakit di tenggorokan, gak kayak rokok putih. Rokok putih mah, kalau dihisap bikin sakit tenggorokan. Klobot ini mah enak. Alus pisan.”

Menjelang akhir video, diungkapkan sejarah rokok klobot di mana klobot muncul sebagai perlawanan terhadap para priyayi Belanda, kaum bangsawan yang merokok menggunakan pipa. Pipa jaman dulu mahal harganya, sehingga masyarakat menggunakan kulit jagung untuk membungkus tembakau. Dan akhirnya terciptalah rokok klobot.

rokok klobot

Rokok klobot saat ini sudah ditinggalkan. Klobot pun tak bisa didapatkan di warung-warung dan toko ritel, hanya bisa didapatkan di warung tradisional yang jual tembakau, dan banyak di warung tukang kemenyan. Maka, tak heran jika penggambaran akan rokok klobot ini dianggap seram. Padahal ini adalah salah satu warisan asli Indonesia.

Btw, kamu sudah pernah nyicip rokok klobot.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *