KNPK Sampaikan Protes kepada Kemkominfo Terkait Pemblokiran Iklan Rokok di Internet

thumbnail

Terkait permintaan Kemenkes yang disampaikan melalui Surat Menteri Kesehatan RI No TM.04.01/Menkes/314/2019 perihal Pemblokiran Iklan Rokok di internet yang diterima oleh Kemkominfo pada 13 Juni 2019 pukul 13.30 WIB.

Kemudian, Tim AIS Kemkominfo pun langsung crawling dan ditemukan 114 kanal (Facebook, Instagram, & YouTube) serta melakukan pemblokiran.bungkus rokok

Atas tindakan tersebut, KNPK (Komite Nasional Pelestarian Kretek) bersama stakeholder tembakau mendatangi Kementerian Komunikasi dan Informasi, Selasa (2 Juli 2019) untuk meminta penjelasan soal surat edaran larangan iklan rokok di internet.

Koordinator KNPK Muhammad Nur Azami menyebut surat edaran yang dikeluarkan oleh kemenkes tersebut disikapi dengan terburu-buru oleh Kemkominfo dan tidak melibatkan stakeholder pertembakauan untuk berdiskusi terlebih dahulu.

“Ketidakpastian tentang pemblokiran iklan rokok di internet ini membuat multiplayer effect. Ada pihak yang dirugikan, yaitu media atau pengusaha periklanan dan petani tembakau sendiri,” kata Azami.rokok

Apalagi, sebentar lagi para petani tembakau akan memasuki masa panen. Pembatasan terhadap produk tembakau yang makin meluas dikhawatirkan menganggu penghasilan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top