Kisah Soekarno yang Disiplin Membuang Puntung Rokok

Kisah Soekarno yang seorang perokok tidak diragukan lagi. Bahkan ia kerap berfoto berbagi api dengan pemimpin dari negara lain. Namun, tahukah Anda apabila Soekarno termasuk perokok yang peduli dengan kebersihan?

soekarno merokok

Seperti dikutip dalam buku Total Bung Karno karya Roso Daras, diceritakan bahwa Soekarno pernah memunguti sampah puntung rokok yang tergeletak di istana negara. Soekarno geram karena ada yang membuang puntung rokok sembarangan.

rokok

rokok

Setelah Bung Karno mengambil puntung rokok tersebut, dia tak segera membuangnya. Dia malah membawa puntung rokok sambal berjalan menuju pos.

Di sana ia memanggil semua Polisi yang bertugas untuk berkumpul dan bertanya, “Siapa di antara kamu yang suka merokok?”

soekarno merokok

Setelah mendapatkan pertanyaan Bung Karno, mereka sontak tengak-tengok. “Coba keluarkan, rokokmu merek apa?” tanya Bung Karno Lagi.

bungkus rokok

Setelah dikeluarkan, Bung Karno mencocokkan semua merek rokok yang ada dengan puntung rokok di tangannya. Karena dia ternyata tak mendapati kecocokan, Bung Karno pun tak jadi marah. Dia justru meminta asbak. Di asbak itulah ia pun membuang rokok yang mengganggu dirinya tadi sembari memberi contoh bahwa membuang rokok di asbak bukan di jalanan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *