Kenaikan Cukai Menyuburkan Rokok Ilegal

Gambar Rokok – Kenaikan Cukai membuat rokok ilegal semakin meningkat

Kenaikan cukai dan pajak atas rokok yang terjadi setiap tahun membuka praktek usaha rokok ilegal semakin terbuka. Kebijakan kenaikan cukai rokok ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi pemerintah mendapatkan pemasukkan melalui instrumen cukai dan pajak dari produk industri hasil tembakau (besarnya cukai bisa dilihat pada bungkus rokok). Tetapi di sisi lain, kebijakan tersebut justru memicu peningkatan rokok ilegal.

bungkus rokok
bungkus rokok

Kenaikkan cukai yang terus melonjak membuat selisih biaya produksi dan harga jual semakin terpaut jauh. Kesempatan ini yang acapkali tidak diperhatikan oleh pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan.

Padahal cara produksi rokok relatif bisa dilakukan oleh siapa saja, dan itu yang seringkali terjadi. Terlebih peraturan perundang-undangan mempersulit jalan bagi usaha kecil dan menengah di Industri Hasil Tembakau untuk berkembang.

gambar rokok
gambar rokok

Maka, tak perlu disalahkan bila mereka akhirnya memutuskan untuk membuat rokok dan memasarkannya tanpa menggunakan cukai.

Peningkatan rokok ilegal inilah yang terjadi belakangan ini. Faktanya ialah disita jutaan batang rokok oleh Direktorat Jenderal Bea & cukai di Kudus dan Rembang yang terjadi pada September lalu. Kemudian Dirjen Bea dan Cukai, di Jawa Timur saja sepanjang Januari-Mei setidaknya 12.475.680 batang rokok ilegal yang disita.

gambar rokok
gambar rokok

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *