Harga Tembakau Temanggung Tembus Rp 1 Juta Per Kilogram

Gambar Rokok – Panen raya tembakau tahun 2105 akan segera berakhir ini dan menjadi masa-masa membahagiakan bagi para petani tembakau di Temanggung. Pasalnya, Tembakau mereka dihargai dengan harga tinggi. Untuk per kilogram tembakau srintil kualitas terbaik dihargai Rp 1 juta rupiah. Tembakau terbaik ini berasal dari Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo.

tembakau

Grader PT Gudang Garam Perwakilan Temanggung, Tjung Yen mengatakan, tembakau srintil merupakan tembakau dengan kualitas terbaik di dunia hanya berhasil didapat oleh petani yang telaten merawat dan mempertahankan kualitas tembakau asli Temanggung.

tembakau

Karena tidak semua tembakau bisa menghasilkan tembakau srintil, maka bagi mereka yang menghasilkan seringkali dianggap mendapatkan pulung (anugrah).

gambar rokok

Tjung Yen mengatakan selama karirnya menjadi grader kualitas terbaik tembakau srintil ditemuinya pada panen tahun ini. “Tahun 2011, tahun 2013 juga ada tapi kualitasnya masih kurang baik. Masih kalah sama yang ada sekarang.”

Pihak PT Gudang Garam yang membeli tembakau petani menghargai tembakau srintil dari beberapa petani di Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo dengan harga Rp1 Juta per kilogram.

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *