Industi Rokok sebagai Sapi Perahan Pemerintah

Gambar Rokok – Ketika Rokok menjelma menjadi komoditi perahan pemerintah

Pada masa krisis ekonomi seperti sekarang, yang sebagian orang termasuk Presiden Jokowi, mengatakan sebagai pelambatan ekonomi. Tentunya membutuhkan terobosan-terobosan mendasar perlu dilakukan untuk memperkuat pondasi perekonomian nasional. Juga memberi kesempatan agar kesempatan bekerja tetap terbuka.

Jokowi dan para stafnya memang telah mengambil langkah-langkah untuk keluar dari krisis. Melalui akun Twitter, Presiden Joko Widodo secara khusus meminta agar rakyat menggunakan produk-produk dalam negeri. Karena, pada kenyataannya, industri dalam negeri ini yang menjadi kekuatan utama perekonomian.

Gambar Rokok
Gambar Rokok

Tetapi, apa yang dicanangkan tersebut hanya bualan semu. Sebagai contoh, kita bisa lihat kebijakan langkah Pemerintahan Jokowi yang justru memberatkan industri yang menjadi tumpuan perekonomian nasional. Hal ini lah yang terjadi pada industri rokok dalam negeri. Pada tahun mendatang pemerintah mencanangkan kenaikan cukai rokok sebesar 23%.

Padahal industri hasil tembakau merupakan satu-satunya industri nasional yang menjadi sokoguru perekonomian nasional sekarang ini. Industri ini menyerap tenaga kerja yang luar biasa banyaknya, terintegrasi dari hulu dan hilir, memberikan pendapatan kepada negara dalam jumlah yang signifikan. Dengan kelebihan tersebut, sumbangsih industri hasil tembakau jauh lebih bernilai daripada sektor minyak bumi dan batubara.

Gambar Rokok dan Kopi
Gambar Rokok dan Kopi

Upaya pemerintah untuk menaikkan cukai hasil tembakau pada tahun depan, di satu sisi memang secara kasat mata meningkatkan pendapatan negara. Karena dengan itu, penerimaan cukai meningkat.

Tapi cara pandang demikian, yang semata melihat urusan publik dari kacamata pendapatan negara, justru menyesatkan.

Jika dilihat secara lebih mendalam devisi pendapatan negara harusnya tidak berkutat hanya pada pemasukan yang diterima melalui kas negara. Namun juga melihat bagaimana ekonomi keluarga rakyatnya mendapatkan pemasukkan, memperoleh penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Pada titik ini peran industri hasil tembakau menjadi signifikan. Di sektor hulu, industri hasil tembakau mencakup perkebunan tembakau dan cengkeh. Dan di sektor hilir, terdapat buruh pabrik rokok serta aneka jenis pekerjaan yang terkait dengan industri ini.

gambar rokok
Gambar Rokok

Mengingat peran tersebut, industri hasil tembakau harusnya mendapatkan perlindungan khusus. Tidak hanya perlindungan dari desakan kenaikan cukai yang terjadi setiap tahun, juga dari kebijakan perdagangan diskriminatif yang diberlakukan oleh negara lain, dan pengembangan industri ini dari hulu dan hilir. Perlindungan yang menyeluruh itu hanya bisa tercapai dengan segera mengesahkan RUU Pertembakauan.

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *