10 NEGARA DENGAN KEMASAN BUNGKUS ROKOK SERAM

Indonesia belum lama memberlakukan peringatan bungkus rokok seram. Bila dibandingkan dengan negara-negara lain, negara kita bisa dibilang ketinggalan dalam memberlakukan peringatan bergambar seram pada bungkus rokok.

Bungkus Rokok

Tetapi ketinggalan tersebut bukan tanpa alasan, sebab di dalam negeri rokok menjadi industri yang memnciptakan jutaan lapangan kerja. Memberi masukkan kepada kas negara dalam jumlah besar. Di samping itu kebijakan pemberlakuan peringan bergambar pada bungkus rokok yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) merupakan dorongan dari perusahaan multinasional farmasi yang mengkehendaki adanya pengawasan secara ketat terhadap penjualan nikotin. Ujung-ujungnya, nikotin hanya boleh dipasarkan oleh perusahaan farmasi.

Rokok

Sebelumnya, sudah ada beberapa negara yang memberlakukan aturan gambar seram ini. Namun selama ini kita tidak mengetahuinya karena belum terlalu aware dengan aturan ini. Barulah setelah Indonesia menerapkan aturan serupa, kita para masyarakat mulai paham akan aturan ini.

Setelah pemberlakuan peringatan bergambar itu, maka masuklah Indonesia dalam daftar 10 negara dengan bungkus rokok dengan gambar seram. Selain Indonesia, berikut daftar negara yang mamasang peringatan gambar seram pada bungkus rokok yakni Brunei Darussalam, Skotlandia, Inggris, Singapura, Thailand, Brazil, Malaysia, China, dan India.

Bungkus Rokok

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *