Drama dari Mereka yang Memerangi Rokok

Singkat cerita ada kelompok orang yang mendapati aliran dana yang sangat besar dari perusahaan multinasional farmasi asing dan kaki tangannya dengan amanat membuat rokok dan produk tembakau lainnya tidak lagi bisa beredar bebas di masyarakat.

bungkus rokok

Dengan dana itu membuat mereka berteriak lantang bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan, mendorong pemerintah menaikkan harga agar orang berhenti merokok, serta menyatakan rokok adalah penyebab kemiskinan. Apapun dilakukan, termasuk menyatakan rokok bagian dari narkoba yang menyebabkan kecanduan.

rokok

Ujung dari drama besar ini adalah rokok tidak lagi beredar bebas sehingga perusahaan multinasional farmasi bisa memonopoli perdagangan nikotin. Sebelum itu, perusahaan farmasi juga menyiapkan mekanisme terapi yang membuat berhenti merokok. Tentu terapi itu berbanderol harga.

bungkus rokok

Itulah yang membuat kelompok-kelompok ini bersikap galak kepada rokok tetapi tidak bersuara terhadap berbagai makanan dan minuman siap saji bermerek mentereng yang diimpor dari negara-negara Barat. Karena penelitian, seminar, pembuatan pamflet, dan aktivitas lainnya dibayar oleh perusahaan multinasional farmasi asing.

rokok

Mereka ini risau dengan asap rokok namun setiap harinya dengan tenang menghirup asap kendaraan bermotor dan pabrik. Merokok mengingatkan orang-orang di sekitarnya bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan menyebabkan berbagai penyakit, toh akhirnya vonis penyakit kanker, jantung, dan lainnya bisa mendatangi siapa saja baik yang merokok maupun tidak, termasuk mereka yang membenci rokok.

Mau bukti? Lihatlah orang-orang di sekitarmu.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *