Dr. Brenda Fitzgerald, Direktur Lembaga Anti Rokok tapi Punya Saham di Perusahaan Rokok

Dr. Brenda Fitzgerald, dokter sekaligus direktur lembaga Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit dinyatakan mundur dari jabatannya.

Dr. Brenda Fitzgerald

Fitzgerald mundur setelah ia diberitakan ikut membeli saham perusahaan rokok.

Hal tersebut bukan hal sembarangan, maklum, lembaga tempat Fitzgerald bekerja adalah lembaga yang fokus pada penurunan rasio merokok di Amerika, sehingga ketika pemimpin lembaganya diketahui ikut membeli saham rokok, maka hal tersebut kemudian menjadi “aib” tersendiri.

rokok

“You don’t buy tobacco stocks when you are the head of the CDC. It’s ridiculous,” kata Richard Painter, ahli hukum terkemuka di Amerika serikat.

orang merokok

Kabar soal Fitzgerald yang membeli saham di perusahaan rokok ini terungkap setelah diberitakan olah Politico, media Amerika yang selama ini dikenal fokus membahas dunia politik.

Lebih lanjut Politico juga memberitakan bahwa sebelum menempati posisinya di CDC, Fitzgerald diketahui sudah mempunyai saham di lima perusahaan rokok, yaitu Reynolds American, British American Tobacco, Imperial Brands, Philip Morris International, and Altria Group Inc.

rokok

Setelah Fitzgerald mundur dari jabatannya, posisi Direktur Utama CDC akan diisi oleh Dr. Anne Schuchat yang sebelumnya menjabat sebagai wakil direktur utama CDC.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *