Dampak Buruk APACT bagi Tatanan Perekonomian Indonesia

Tahun ini, indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Pengendalian Tembakau (Asia Pacific Conference on Tobacco or Health / APACT ) ke 12. Konferensi ini akan digelar di Hilton Resort, Nusa Dua, Bali.

APACT ini merupakan event internasional kelompok antirokok dalam melangsungkan dan merencanakan agenda strategis gerakan pengendalian tembakau.

orang merokok

Tujuan diselenggarakannya APACT ini salah satunya adalah untuk mematikan industri hasil tembakau di indonesia.

Jika semua agenda dalam APACT tercapai, maka akan ada beberapa dampa ekonomi untuk Indonesia, di antaranya adalah hancurnya perekonomian rakyat Indoensia yang berbasis pada tembakau.

bungkus rokok

Seperti diketahui, indutri tembakau merupakan industri strategis rakyat Indonesia, sebab ada banyak orang yang bergantung pada industri ini, dari mulai petani cengkeh, petani tembakau, karyawan pabrik, sampai pedagang rokok.

orang merokok

Dampak lainnya adalah hilangnya pendapatan negara dari cukai industri tembakau. Ini merupakan dampak yang sangat serius dan membahayakan, sebab pemasukan negara dari industri hasil tembakau sangatlah besar, mencapai 149 triliun per tahun atau setara dengan 8,9 persen APBN.

rokok

Dengan mempertimbangkan dampak bagi Indonesia tersebut, tak berlebihn jika kemudian banyak yang menyebut APACT 12 ini sebagai sebuah ironi, sebab Indonesia menjadi tuan rumah sebuah acara yang punya tujuan untuk menghancurkan industri strategis di negara mereka sendiri.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *