Azam Azman Peringatkan Pemerintah Tak Naikkan Cukai Rokok

Gambar Rokok – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman mengkhawatirkan kenaikan target penerimaan cukai sebesar 23 persen tahun 2016 akan membuat sektor industri rokok semakin terpuruk, terlebih di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil.

“Tentunya kami meminta agar pemerintah mengkaji ulang rencana tersebut. Langkah yang diambil pemerintah kami anggap mematikan industri rokok terutama rokok sigaret kretek tangan yang merupakan warisan budaya,” kata Azam Azman seperti dikutip jppn.com.

rokok
Cukai rokok

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan kenaikan cukai rokok tahun depan sangat eksesif, dibandingkan kenaikan tahun-tahun sebelumnya yang berada di kisaran 7-9 persen. Kalau pemerintah tetap memaksakan, maka industri rokok dalam negeri semakin diujung tanduk.

“Kenaikan cukai bisa mengakibatkan kematian industri. Dan kita nilai kenaikan tersebut merupakan kenaikan target cukai tertinggi sepanjang masa. “ katanya.

Padahal cukai hasil tembakau termasuk yang memberikan sumbangsih besar dalam neraca pendapatan negara yakni 95 persen penerimaan cukai dan sekitar 9,5 persen dari pendapatan pajak negara.

Rokok
Cukai Rokok

Dengan kondisi kenaikan cukai beberapa tahun ke belakang saja sudah banyak industri rokok yang gulung tikar dan telah terjadi PHK besar-besaran yang dilakukan perusahaan kecil maupun besar setiap tahunnya.

“Tentunya semua ini harus diperhatikan oleh pemerintah dikala perekonomian bangsa sedang terpuruk.”

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *