Cukai Rokok Naik: Pemerintah Terima Pendapatan, Pekerja IHT Mendapat PHK

Di tengah kondisi ekonomi yang sedang terkena krisis, atau dalam istilah lebih halus yang sebagaimana digunakan pemerintah sekarang, sedang mengalami perlambatan, pemerintah mematok kenaikan pendapatan cukai rokok yang dipatok sebesar Rp 148,9 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2016, naik 7 persen dari target tahun ini 139,1 triliun.

gambar rokok
Pekerja Industri Hasil tembakau

Kenaikan tarif cukai tahun ini lebih memberatkan dari tahun-tahun sebelumnya karena formula perhitungan mengacu pada basis inflasi 14 bulan, bukan 12 bulan. Dengan perhitungan ini, maka kenaikan cukai rokok akan mencapai 23 persen, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya berkisar di antara 7 – 9 persen.

Dengan menetapkan kebijakan yang sama pada tahun depan, pemerintah harus bersiap menanggung bertambahnya pengangguran di Indonesia yang bekerja di sektor industri rokok dan yang terkait.

Ekonom dari Institute dor Development og Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menyebutkan, lebih dari 90 ersen pekerja di pabrikan rokok adalah pekerja perempuan dengan pendidikan rata-rata Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang penghidupan keluarganya sangat tergantung pada kelangsungan pekerjaan mereka. Sementara beban cukai yang ditanggung oleh industri pastinya akan berimbas kepada penurunan produksi.

“Oleh karena itu, kenaikan cukai rokok bukan hanya mengancam pekerja di industri. Tetapi juga membunuh mata pencahariaan petani tembakau dan cengkeh akibat permintaan yang menurun,” kata Enny dikutip CNN Indonesia (Cukai Rokok Bakal Naik, Siap-siap Pengangguran Bertambah, 01/09/2015).

Enny memperingatkan pemerintah untuk membuat langkah antisipisasi dari keputusan menaikkan cukai rokok. Karena kesulitan yang dialami oleh industri pasti juga dirasakan oleh para pekerja.

gambar rokok
rokok produksi lokal

Ia memberikan contoh pada 2004, ketika pemerintah tidak menaikkan cukai rokok karena bertepatan dengan pemberlakuan pengenaan pajak rokok daerah sebesar 10 persen. Pada tahun itu tercatat ada 10 ribu tenaga kerja industi rokok yang terkena Pemutussan Hubungan Kerja (PHK). Sementara tahun ini, industri rokok juga akan memberhentikan 10 ribu pekerjanya.

Foto oleh: Eko Susanto

About the author

admingr

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *