Cigarette Pack Collectors Association, Wadah Kolektor Bungkus Rokok di Amerika

Tak banyak yang tahu, bahwa hobi mengoleksi bungkus rokok ternyata juga cukup populer di Amerika serikat. Bahkan boleh dibilang, hobi mengoleksi bungkus rokok di Amerika serikat ini jauh lebih tertata dan terorganisir.

Di Indonesia yang merupakan Negara perokok terbesar ketiga di dunia, banyak kolektor-kolektor bungkus rokok yang tersebar di seluruh penjuru daerah dengan berbagai jenis dan jumlah koleksi yang mengagumkan. Namun, dari banyaknya jumlah kolektor ini, tidak ada payung hukum komunitas kolektor bungkus rokok, para kolektor hanya sekadar membentuk komunitas sebagai bagian dari hobi.

rokok

Di Amerika serikat, ternyata para kolektor bungkus rokok berserikat dengan sangat serius. Bayangkan, mereka bahkan sampai punya asosiasi komunitas kolektor bungkus rokok dan punya kantor sendiri.

Salah satu asosiasi komunitas kolektor bungkus rokok yang terkenal di Amerika adalah Cigarette Pack Collectors Association atau sering disingkat sebagai CPCA.

bungkus rokok

CPCA ini mempunyai ratusan anggota yang punya banyak koleksi bungkus rokok dari seluruh penjuru dunia. CPCA bukan sekadar asosiasi komunitas kolektor bungkus rokok belaka, ia punya kantor sendiri yang beralamat di 86 Plymouth Grove, Kennebunk, Maine.

Tak mudah untuk bisa menjadi anggota CPCA ini, selain harus punya koleksi bungkus rokok yang banyak, anggota juga harus membayar biaya keanggotaan sebesar $15.

rokok

Saat ini, asosiasi kolektor rokok yang cukup disegani di dunia ini diketuai oleh seorang koelktor bernama Richard Elliot yang di CPCA menjabat sebagai presiden.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *