Cerita di Balik Logo Rokok Gudang Garam

Boleh jadi, ada jutaan orang yang gemar menghisap rokok gudang garam. Mereka menjadi penghisap setia rokok asal kota Kediri tersebut. Namun begitu, ternyata tak banyak yang tahu dengan makna logo yang selalu tercetak pada bungkus rokok Gudang Garam tersebut.

logo gudang garam

Tak banyak yang paham dan tahu latar belakang gambar lima gudang, rel panjang, dan dua pucuk gunung itu. Banyak yang mengira bahwa gambar tersebut semata hanya manifestasi nama produk rokok “gudang garam”.

rokok gudang garam

Usut punya usut, logo yang ada di bungkus rokok gudang garam itu memang punya makna dan menyimpan sejarah di balik usaha rokok Gudang Garam. Logo rokok gudang Garam adalah gambaran pemandangan di depan stasiun Kota Kediri, di mana terdapat gudang tua gudang garam di seberang gudang pabrik cap 93, pabrik rokok milik paman Tjoa Ing Hwie). Di sanalah dua orang yang mempunyai mimpi untuk membuat usaha sendiri. Salah satunya Tjoa Ing Hwie (Surya Wonowidjojo) dan Sarman, salah seorang pekerja pabrik Cap 93.

rokok

rokok

Dan mimpi tersebut terjadi pada 1956, ketika Surya Wonowidjojo, meninggalkan Cap 93 dan membawa serta 50 karyawan untuk mendirikan pabrik baru. Sebagai penghargaan akan mimpi tersebut, maka dipilihlah logo lima gudang, rel panjang, dan dua pucuk gunung. Pabrik mereka diberi nama Gudang Garam.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *