Calon Haji Diingatkan Untuk Tak Bawa Rokok Terlalu Banyak

Para jamaah haji diharapkan untuk membawa barang-barang keperluan berhaji sewajarnya saja. Tak perlu berlebih-lebihan. Toh, segala fasilitas misalnya obat dan konsumsi sudah disediakan oleh panitia penyelenggara haji.

Aturan berat barang yang dipersyaratkan dalam koper maksimal hanya 32 kilogram, untuk tiap jamaah. Jika sampai melebihi berat maksimal yang dipersyaratkan, maka koper akan dibongkar dan barang-barang akan dikurangi.

rokok

Hal demikian juga berlaku untuk para jamaah haji perokok yang berangkat ke tanah suci membawa rokok. Mereka diingatkan untuk membawa rokok sewajarnya saja. Sesuai dengan ketentuan, jamaah haji boleh membawa rokok asalkan tidak lebih dari 200 batang. Jika lebih dari 200 batang akan diturunkan dan tidak boleh dibawa.

rokok

Aturan tersebut sudah diberlakukan di tiap kloter pemberangkatan Jemaah Haji dan tidak dipermasalahkan oleh banyak jemaah haji. Di Semarang misalnya, Kepala Seksi Penyelenggara haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang, Taufiqur Rahman menegaskan tidak menemukan adanya jamaah yang membawa barang berlebih, maupun rokok berlebih. Sebab rerata para Jemaah dari Semarang ini adalah para perokok santun.

rokok

Nah, begitulah seharusnya perokok santun. Merokok boleh saja, namuan tetap harus patuh terhadap aturan yang berlaku.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *