Demi Meningkatkan Kesejahteraan Petani Bupati Bandung Ajak Tanam Tembakau

Pertanian tembakau secara ekonomi lebih menguntungkan dari tanaman padi.”

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Bupati Bandung H. Dadang M. Naser yang sedang mendorong perluasan bubidaya tembakau di Kabupaten Bandung supaya terjadi peningkatan taraf hidup ekonomi petani.

Di Kabupaten Bandung, selain sebagai bahan baku rokok, tembakau dikemas menjadi bahan obat-obatan untuk kebutuhan medis kedokteran. Dari sana petani mendapatkan nilai jual yang cukup menjanjikan. Kalkulasi kasar, dalam satu hektar tanaman tembakau bisa menghasilkan 7 ton daun tembakau basah atau kira-kira Rp 42 juta dengan harga Rp 6 ribu per kilogram.

Tembakau
Proses Penjemuran Tembakau

Tembakau juga mempunyai karakteristik yang berbeda dengan pertanian padi. Pada musim kemarau menanam padi bisa terancam puso. Sedangkan tembakau malah cocok ditanam ketika musim kemarau. “Pasar tembakau memungkinkan untuk meningkatkan ekonomi para petani,” katanya.

Melihat peningkatan minat petani untuk menanam tembakau, Dadang berharap harga tembakau tidak dipermainkan tengkulak dan bisa mengembalikan kejayaan pertanian tembakau Kabupaten Bandung seperti era 1980-an.

Di Amerika Serikat, tembakau tumbuh di 21 negara bagian. Kentucky dan Nort Carolina merupakan daerah dengan produksi tembakau mencapai dua per tiga dari tanaman tembakau yang ditanam di Amerika Serikat.

Kebijakan pertembakauan di Amerika Serikat sangat berpihak pada kepentingan petani. Pemerintah Amerika telah lama memiliki program untuk membantu petani tembakau. Salah satunya dengan program bantuan harga tembakau (tobacco price support programme). Program ini dibuat pada 1930. Lalu Commodity Credit Corporation/Farm Service Agency USDA menyediakan pembiayaan untuk kegiatan seperti pengeluaran administrasi harga, gaji, dan pengeluaran kantor daerah, pinjaman bantuan harga tembakau, operasi terkait. Perkiraan anggaran juga terbilang besar untuk asuransi pertanian yang dikelola Risk Management Agency USDA. Dengan ini petani tidak perlu khawatir bila terjadi gagal panen.

petani tembakau
Memetik daun tembakau

Subsidi pertanian di Amerika Serikat relatif besar dan selalu meningkat sejak 1995. Total subsidi tembakau Amerika mencapai US$ 1,1 miliar.

Baru-baru ini pula Amerika Serikat mengesahkan undang-undang regulasi tembakau yaitu Family Smoking Prevention and Tobacco Control Act. Peraturan ini berisi regulasi ketat terhadap perusahan rokok apalagi rokok impor. Dalam satu pasal undang-undang tersebut disebutkan bahwa produk tembakau tidak boleh mengandung rasa buatan atau alami selain tembakau dan menthol. Karena kebijakan ini rokok khas Indonesia tidak boleh masuk karena mengandung campuran lain selain tembakau yaitu cengkeh.

Peraturan yang diterapkan di Amerika Serikat merupakan bentuk hambatan non-tarif bagi rokok-impor. Bentuk perpindungan Pemerintah Amerika terhadap tembakau nasionalnya. Rokok asing tidak boleh masuk, tapi rokok produksi Amerika sendiri terus didorong untuk beredar luas dan diekspor ke luar negeri.

Foto oleh : Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *