Benarkah Rokok Menyababkan Kanker dan Menghitamkan Paru-Paru?

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa rokok merupakan penyebab utama kanker. Kampanye dan iklan antirokok yang menampilkan gambar paru-paru berwarna hitam, menjadi salah satu instrumen yang menguatkan anggapan tersebut.

rokok

Lantas, apakah anda percaya? Boleh saja kalau memang yakin. Namun, tak ada salahnya jika Anda nyimak penjelasan berikut.

Dalam penelitian yang dikeluarkan oleh tim riset John Hopkins, School of Medicine mengatakan bahwa: Kanker lebih banyak terjadi karena nasib buruk semata. Pernyataan ini dikeluarkan berdasarkan hasil penelitian mereka. Nasib buruk berperan besar terhadap seseorang bukan karena faktor turunan atau juga karena faktor gaya hidup seperti merokok.

rokok

Penelitian ini didasarkan pada hasil studi di mana dua per tiga insiden dari berbagai jenis para penderita kanker muncul karena mutasi random genetik pada tubuh yang akhirnya memacu adanya tumor yang tumbuh.

Dari hasil ini muncul pendapat bahwa rokok sebenarnya bukan penyebab utama adanya kanker. Hal agak sukar dibantah, sebab John Hopkins School of Medicine adalah salah satu lembaga penelitian soal kesehatan yang paling bagus dan diakui keberadaannya di Dunia.

rokok

Riset lain yang menguatkan pendapat bahwa rokok bukan merupakan penyebab utama kanker adalah riset yang dikeluarkan oleh Dr. Edward Uthman dari OakBend Medical Center, USA. Ia melawan kampanye soal gambar paru-paru berwarna hitam yang kerap digunakan sebagai bahan kampanye antirokok. Dr Edward Uthman mengatakan bahwa tidak ada orang yang dapat mengetahui apakah seseorang perokok atau bukan dari penampilan paru-parunya. Artinya warna hitam pada paru-paru tidak ada hubungannya dengan rokok.

rokok

Dr Edward Uthman menegaskan, pigmen hitam pada paru-paru bisa disebabkan karena kontaminasi polusi udara yang berpartikulat besar, atau bisa juga karena penambang batubara. Pigmentasi warna hitam pada paru-paru tidak bisa menjadiu indikasi karena disebabkan rokok.

Nah, gimana? Masih yakin dan percaya bahwa rokok adalah penyebab utama kanker dan bisa membikin paru-paru menghitam?

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *