Bahaya Mengkambinghitamkan Rokok sebagai Sumber Segala Penyakit

Rokok acapkali dikampanyekan sebagai penyebab berbagai macam penyakit. Tetapi semakin ke belakang, kampanye yang terus-menerus dilakukan itu membuat pola pikir masyarakat berubah.

bungkus rokok

Begitu seorang menderita penyakit jantung, dan kebetulan ia seorang perokok, yang kemudian disalahkan adalah kebiasaan merokoknya. Padahal penyebab penyakit itu tidak disebabkan oleh faktor tunggal rokok. Ada banyak sebab. Sebagai misal tidak suka berolahraga, istirahat tidak teratur, serta terlalu sering mengkomsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak pengawet.

rokok

Upaya mengeneralisasi rokok sebagai sumber segala penyakit membuat pola pikir masyarakat tidak lagi kritis. Orang lebih cenderung membenci rokok secara berlebihan. Orang-orang yang merokok dianggap pesakitan.

rokok

Hal demikian, sayangnya hanya berlaku pada rokok saja. Tidak dilakukan pada produk-produk lain. Asap kendaraan bermotor yang jelas-jelas lebih bahaya daripada asap rokok pun dianggap bukan persoalan. Demikian gadget dan berbagai makanan cepat saji.

Padahal, apakah dengan menghindari rokok lantas membuat orang-orang ini menjadi lebih sehat?

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *