Asap Rokok bagi Orang Berpuasa

Merokok selama bulan Ramadan dinyatakan oleh kesepakatan ulama sebagai aktivitas yang membatalkan puasa. Dengan demikian kalau dilakukan dengan sengaja tanpa udzur syar’i, maka merokok hukumnya berdosa dan membatalkan puasa.

bungkus rokok

Prinsip merokok hakikatnya sama saja dengan prinsip makan atau minum. Bahwa merokok itu tak ubahnya dengan makan asap atau minum asap. Dalam bahasa Arab, orang merokok pun disebut sebagai yasyrabuad-dukhan yaitu meminum asap.

orang merokok

Nah, jika merokok sudah sangat jelas hukumnya, maka, terkait hubungannya dengan asap, lalu, bagaimanakah dengan hukum puasa bagi orang yang menghisap asap yang bertebaran di udara, seperti asap knalpot kendaraan, asap hasil pembakaran tungku, atau termasuk juga dari asap rokok?

rokok

Pendapat Ustadz Ahmad Sarwat, Lc., MA. Mengatakan bahwa menghisap asap rokok tidak membatalkan puasa.

“Asap rokok yang ada di udara bebas, kalau terhisap tanpa sengaja dan bukan dalam konteks merokok maka dianggap tidak membatalkan puasa.”

rokok

Asap rokok memang tidak dapat ditolak, begitupun dengan asap-asap lain yang banyak asap bertebaran di udara ketika seseorang bernafas. Maka hal tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai makan atau minum.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *