Alasan Kenapa Rokok Menjadi Bagian dari Budaya Indonesia

Berbagai upaya dari industri farmasi beserta kroni-kroninya untuk memerangi produk tembakau di Indonesia tidak bisa berjalan mulus seperti di negara-negara lain. Di Indonesia banyak pihak yang menentang upaya-upaya antirokok.

Walaupun guyuran dolar mengalir ke berbagai lembaga di Indonesia sebagai sokongan untuk memerangi rokok, namun Upaya tersebut masih sulit untuk menghentikan kebiasaan orang untuk merokok, apakah hal ini membuktikan rokok telah menjadi bagian dari budaya Indonesia?

orang merokok

Untuk lebih jelasnya, mari kita telusuri bagaimana rokok menyatu dengan keseharian masyarakat di sekitar kita.

Mengutip penelitian dari dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Dr. Tri Krianto, drs, Mkes “Mengendalikan Rokok Itu Sulit, Tapi Harus!” mengungkapkan bahwa rokok telah melekat kuat di berbagai lapisan masyarakat dan kegiatan sosial di Indonesia.

rokok

Punggawa antirokok yang disayang funding asing ini justru mengungkapkan bahwa rokok menjadi simbol rasa hormat penyelenggara kenduri kepada para tamu, santri kepada kiai, hingga kebiasaan ‘oleh-oleh’ rokok bagi peserta rapat di Bina Graha pada era Presiden Soeharto.

orang merokok

Selain sebagai simbol rasa hormat, rokok juga erat kaitannya dalam pergaulan bermasyarakat. Itulah kenapa tak heran jika dalam berbagai acara kemasyaratan, rokok hampir selalu menjadi suguhan pendamping makanan.

Tak hanya itu, rokok juga kerap dipakai dalam berbagai upacara kebudayaan. Hal yang kemudian semakin menegaskan posisi rokok sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *