Adu Wadah Rokok, Permainan Masa Kecil Menggunakan Bungkus Rokok

Pembicaraan tentang rokok selalu membawa orang terjebak pada perdebatan dampak kesehatan dan perannya untuk perekonomian bagi jutaan orang. Sepertinya, tidak ada celah lagi bagi kita untuk lepas dari dua tema tersebut.

rokok

Padahal, jika ditelisik lebih dalam, ada hal-hal yang kecil yang membuat rokok dikenang, terlepas dari aneka perdebatan membosankan tadi. Salah satunya adalah penggunaan bungkus rokok dalam permainan anak-anak.

Entah dari mana muasalnya, tapi di kampungku permainan ini kerap ditunaikan. Caranya, bungkus rokok yang telah dibentuk secara khusus ditumpuk di atas tanah. Dan dengan batu tumpukan itu dijatuhkan. Yang berhasil menjatuhkan akan memperoleh kesempatan mengambil bungkus rokok. Sedangkan yang kebagian melempar selanjutnya harus berusaha lebih ektra untuk melempar ke batu yang berhasil menjatuhkan terlebih dahulu. Bila berhasil, maka kemenangan pemain sebelumnya batal.

Adu-Bungkus-Rokok

Permainan ini membuatku mencari bungkus rokok ke tempat sampat bahkan juga memesan kepada orangtua-orangtua yang merokok.

bungkus rokok

bungkus rokok

Itulah aku mengenang rokok sebagai permaianan di masa kecil. Memberi warna tersendiri. Meskipun sampai sekarang aku tak merokok, tapi sesekali aku ingin mengulang masa itu. Berakrab-akrab dengan bungkus rokok dan bermain bersama teman-teman masa kecilku.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *